DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RAHMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


ASTRAK

Rahmadani. 2021. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah,   Iklim Organisasi terhadap Prestasi Kerja Guru melalui Motivasi Berprestasi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd (2) Dr.H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi, Motivasi              Berprestasi, Prestasi Kerja Guru

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim organisasi, terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi berprestasi; (2) kontribusi kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru; (3) Kontribusi iklim organisasi terhadap prestasi kerja guru; (4) kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi kerja guru; (5) Kontribusi kepemimpinan transformasional terhadap motivasi berprestasi; (6); Kontribusi iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi; (7) Kontribusi kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi berprestasi; dan (8) kontribusi iklim organisasi terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi berprestasi.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan metode regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berada pada kategori sedang sedangkan iklim organisasi, motivasi berprestasi dan prestasi kerja guru berada pada kategori tinggi; (2) ada kontribusi langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,820;(3) ada kontribusi langsung iklim organisasi terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,272;(4) ada kontribusi langsung motivasi berprestasi terhadap prestasi kerja guru 0,673;(5) ada kontribusi langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,523;(6) ada kontribusi langsung iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,124; (7) ada kontribusi tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi berprestasi sebesar 0,352; (8) ada kontribusi tidak langsung iklim organisasi terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi berprestasi sebesar 0,083.

            Saran dalam penelitian ini, bagi guru agar memberikan masukan positif kepada pendidik untuk selalu menumbuhkan iklim organisasi, meningkatkan motivasi berprestasi, dan prestasi kerja yang positif. Guru dapat meningkatkan iklim organisasi, terutama dalam pandangan bahwa pekerjaan adalah aktualisasi dan afiliasi seperti meningkatkan catatan prestasi yang baik, mampu mengaktualisasikan diri untuk bekerja dengan ikhlas dengan kesabaran, dan mampu bekerja tanpa bergantung pada orang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI