DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEMANDIRIAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2013 PROGRAM STUDI PPKN DI FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:KHADIJAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-19


Kata Kunci : Mata Kuliah Kewirausahaan, menumbuhkan jiwa, kemandirian


Kegiatan mata kuliah kewirausahaan merupakan penopang untuk
mengurangi tingkat pengangguran yang terjadi. Program pengembangan
kewirausahaan dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan jiwa kemandirian pada
diri mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan akan semakin digalakkan di perguruan
tinggi agar mahasiswa lulusan perguruan tinggi mampu mandiri, tidak lagi terfokus
hanya menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi juga mampu membuka
lapangan pekerjaan sendiri atau menjadi sosok wirausahawan yang inovatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik
penentuan sumber data dilakukan secara
purposive sampling. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti
konsep Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk program pembelajaran
mata kuliah kewirausahaan yang diberikan dalam menumbuhkan jiwa kemandirian
pada mahasiswa angkatan 2013 program studi ppkn di FKIP ULM Banjarmasin
berpatokan dan mengacu pada jiwa kewirausahaan. (2) Bentuk kegiatan mahasiswa
dalam menumbuhkan jiwa kemandirian pada pembelajaran mata kuliah
kewirausahaan mahasiswa angkatan 2013 program studi ppkn di FKIP ULM
Banjarmasin sangat beragam. Bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa seperti
penjelesan-penjelasan tentang kiat-kiat untuk berwirasuaha, pembuatan proposal
kegiatan kewirausahaan, berjualan makanan, pakaian, jilbab, kerajinan tangan
secara online maupun secara langsung ketika berada di kampus. (3) Kendala dalam
proses menumbuhkan jiwa kemandirian pada kegiatan mata kuliah kewirausahaan
dan cara mengatasinya yakni mindset mahasiswa yang malas, sehingga dalam
proses menumbuhkan jiwa kemandirian kami para pengajar sering memberikan
motivasi, dan lebih banyak menceritakan pengalaman-pengalaman dalam
berwirausaha.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan mahasiswa dan seluruh orang
yang terlibat semakin meningkatkan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi
agar mahasiswa tidak lagi terfokus menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)
tetapi juga mampu menjadi seorang wirausahawan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI