DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH (PROGRAM KOTAKU) DI KECAMATAN BANJARBARU SELATAN
PENGARANG:NADYA KARTIKA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


ABSTRAK

ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH (PROGRAM KOTAKU) DI KECAMATAN BANJARBARU SELATAN

 

Nadya Kartika Dewi

1720828320029

 

Dr. Eng. Irfan Prasetia, S.T., M.T.

 

Dalam pembangunan, masyarakat sekarang ini tidak sekedar menjadi objek tetapi juga merupakan subjek yang harus terlibat aktif. Masyarakat berpartisipasi dan terlibat aktif dengan cara meningkatkan percepatan pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi masyarakat dalam program KOTAKU di Kecamatan Banjarbaru Selatan serta strategi peningkatannya. Metode desktiptif yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, serta analisis data. Hasil penelitian berupa data mengenai kategori tingkat partisipasi masyarakat pada wilayah penelitian yang berada pada tingkatan kelas ketiga yaitu pembuatan keputusan bersama (deciding together).

Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat partisipasi digunakan uji korelasi rank spearman. Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan dan pengaruh antara faktor usia, pendidikan, lama tinggal dan penghasilan terhadap tingkat partisipasi. Faktor usia dan penghasilan merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap tingkat partisipasi masyarakat. Strategi untuk peningkatan partisipasi antara lain dengan peningkatan peran pemerintah dan fasilitator untuk merangkul masyarakat segala usia dan peningkatan kapasitas masyarakat (SDM) dengan pelatihan non formal.

Hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi penelitian selanjutnya yang meneliti mengenai program dengan perencanaan manajemen konstruksi yang melibatkan sumber daya dan swadaya masyarakat dalam pelaksanaannya. Studi lanjutan untuk mengembangkan penelitian ini dapat dilakukan dengan mengkaji faktor-faktor lain di luar faktor internal yang diduga berpengaruh, dengan sampel yang lebih kompleks..

Kata Kunci: tingkat partisipasi ; program KOTAKU; manajemen konstruksi; sumber daya manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI