DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KETUA ANGKATAN MUDA MASJID AL-JIHAD KERTAK BARU ULU KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:TAUFIK HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


ABSTRAK

 

TaufikHidayat,2021.KepemimpinanKetuaAngkatanMudaMasjidAl-Jihad         KelurahanKertakBaruUluKecamatanBanjarmasinTengahKota        Banjarmasin.SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologi,Jurusan  PendidikanIlmuPengetahuan  Sosial,Fakultas  Keguruandan  Ilmu     Pendidikan, UniversitasLambungMangkurat.Pembimbing(1)Yuli            Apriati, Pembimbing(II) Reski P.

 

KataKunci:Kepemimpinan,GayaKepemimpinan,PeranKetua,danKinerja.

 

Kepemimpinanadalahsuatuperilakudengantujuantertentuuntukmempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersamayang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi. Penelitian inibertujuanuntukmengetahui: (1)GayaKepemimpinanKetuaAngkatanMudaMasjidAl-Jihad(“AMMA”)DalamMenjalankanOrganisasi;(2)PeranKetuaAngkatanMudaMasjidAl-Jihad(“AMMA”)DalamMeningkatkanKinerjaAnggotanya.

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder, informan dipilihsebanyakenambelasorangditentukansecarapurposivesampling.Instrumenpenelitianadalahpenelitisendiridenganteknikobservasi,wawancaradandokumentasi.Analisishasilpenelitianmenggunakananalisiskualitatifdenganlangkah-langkahreduksidata,penyajian data,dan kesimpulan.

HasilPenelitianmenunjukkanbahwa:(1)GayaKepemimpinanKetuaAngkatan Muda Masjid Al-Jihad Dalam Menjalankan Organisasi termasuk dalamGayaKepemimpinanPelatih.MengembangkanKaloborasikerjasamadenganFKJK(ForumKomunikasiJemaahKeliling Antar Masjid dan Musholla MuhammadiyahBanjarmasin),Banuagreen masjid, dan Pengurus Mushalla Basu Assudani Kelurahan Basirih. (2)PeranKetuaAngkatanMudaMasjidAl-JihadDalamMeningkatkanKinerjaAnggotanya,yaituketua“AMMA”memberikanapresiasidanpujiankepadaanggota yang aktif, mengupayakan kondisi kerja yang baik, membangun hubunganinterpersonalyangintensifdengananggota,sertakebijakanorganisasiyangakomodatif, sehingga bisa membuat kinerja anggota “AMMA” meningkat secarakuantitasdankualitas.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada : (1) Para pengurus dananggota“AMMA”untuk lebih aktif lagi dan mampu menyeimbangkan kegiatandan program kerja “AMMA” yang berisifat sosial Masyarakat dan di Masjid Al-Jihad. (2) Diharapkan Pengurus Masjid Al-Jihad terus mendukung semua programkerjaAMMA”sertamengusahakanadanyafasilitaskantorsekretariat“AMMA”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI