DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS GENDER (Studi Pembagian Peran Domestik Pada Keluarga Petani Di Desa Banua Hanyar Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah)
PENGARANG:NOORAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


ABSTRAK

 

Noorahayu, 2021. ANALISIS GENDER (Studi Pembagian Peran Domestik Pada Keluarga Petani Di Desa Banua Hanyar Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah).SkripsiProgram Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I)Yuli Apriati, Pembimbing (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci : Pembagian Peran, Gender, Keluarga Petani.

 

Seiring berkembangnya zaman peran domestik yang identik dengan pekerjaan seorang perempuan, sekarang juga banyak dikerjakan oleh laki-laki. Pada keluarga petani yang suamiistri memiliki pekerjaan utama sebagai seorang petani, mengharuskan meninggalkan rumah dan anak-anaknya. Agar pekerjaan di sawah dan pekerjaan domestiknya tetap berjalan lancar, para petani melakukan pembagian peran domestik. Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pembagian peran dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga (2) Pembagian peran dalam mengasuh anak.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data diplih dengan cara purposive sampling, dengan enam orang informan yang terdiri daritiga keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembagian peran dalam pekerjaan rumah tangga terbagi menjadi dua yakni ada pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan bersama-sama dan pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan masing-masing. Pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan bersama-sama dan masing-masing seperti memasak, mencuci baju dan membersihkan rumah. (2) pembagian peran dalam mengasuh anak.Pembagian peran dalam mengasuh anak juga terbagi menjadi dua yakni, pengasuhan anak yang dikerjakan bersama-sama dan pengasuhan anak yang dikerjakan masing-masing. Pembagian peran dalam mengasuh anak ini berupa mengantar dan menjemput anak sekolah, membantu anak mengerjakan tugas, serta mengajar anak mengaji. Pembagian peran  domestik dalam setiap keluarga petani berbeda-beda, hal ini tergantung kebiasaan dan kesepakan yang dibuat antara suami dan istri.

Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada masyarakat, bahwa keluarga petani di Desa Banua Hanyar dapat dijadikan contoh dalam melakukan pembagian peran dalam keluarga. Untuk peneliti yang ingin meneliti dengan tema gender, khususnya tentang peran domestik bisa meneliti lebih dalam tentang apa yang melatar belakangi seorang suami yang tumbuh di lingkungan patriarki mau mengerjakan pekerjaan domestik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI