DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BIDAI STYREOFOM MODIFIKASI SEBAGAI IMOBILISASI PADA MANEKIN UNTUK FRAKTUR TULANG TIBIA FIBULA
PENGARANG:MIRA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


 

ABSTRAK

 

Kemampuan Bidai Styrofoam Modifikasi Sebagai Imobilisasi Pada Manekin Untuk Fraktur Tulang Tibia Fibula

 

Mira Damayanti

 

Latar Belakang : Pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan dengan kasus fraktur pada bagian ekstremitas harus segera dilakukan pertolongan pertama dengan melakukan imobilissasi.Tujuan : Mengukur kemampuan Bidai Styrofoam sebagai alat imobilisasi pada fraktur tulang tibia fibula

 

Metode : Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Desain penelitian pada penelitian ini mempunyai satu kelompok yangdigunkan dalam penelitian untuk diberikan perlakuan dan selanjutnya di observasi hasilnya. ( X ) variabel independen yang diberikan perlakuan ( O ) variabel dependen yang akan dilakukan observasi.

 

Hasil : Selama waktu 60 menit dilakukannya observasi pada pemasangan Bidai Styrofoam pada Tibia Fibula dengan mengukur penurunan posisi bidai yang diesesuaikan dengan busur derajat, didapatkan hasilnya hanya sebanyak 3 ?  derajat yang terjadi pada menit ke 20 terjadi penurunan sebanyak 2 ? dan pada menit ke 30 terjadi penurunan sebanyak 1 ?, sehingga penurunan yang terjadi hanya sebanyak 3 ? dalam waktu 60  menit.

 

Kesimpulan : Terdapat defiasi derajat kemiringan sebanyak 3 ?  selama penelitian berjalan dalam waktu 60 menit dengan posii awal 180 ? dan hasil akhirnya adalah 177 ? . Maka Bidai Styrofoam dapat dipastikan aman untuk digunakan untuk panggilan ambulance dengan respone time kategori ke-1 dimana total waktu yang diperlukan yaitu 7-15 menit.

 


Kata Kunci : Fraktur Tibia Fibula, Imobilisasi Fraktur

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI