DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar
PENGARANG:NORHALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


ABSTRAK

 

Norhalisa. NIM. 1710411120012. Skripsi. Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Di bawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

 

Isu permasalahan ketimpangan pembangunan dirasa tidak ada habisnya, terutama dalam pembangunan kawasan pedesaan. Hadirnya Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun  2014, sebagai bentuk jawaban atas  gugatan desa selama ini dilupakan dalam pengelolaan yang otonom yang diikuti dengan penguncuran Dana Desa Melalui Undang-undang Desa, Desa telah diperkuat kewenangannya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana desa yang dikuncurkan pemerintah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dari penyerapan dana desa  yang dikatakan efesien belum tentu hal tersebut  dapat dikatakan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan dana desa dalam pembangunan di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan pengahambat dari penggunaan dana desa di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

Metode penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman dalam Afrizal. (2017:180) dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian menunjukan efektivitas penggunaan dana desa dalam pembangunan di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar cukup efektif  berdasarkan teori yang berhubungan dengan efektivitas menurut Aziz yang disimpulkan dari beberapa teori yaitu yang dikemukan oleh Gibson, Steers dan Robbins bahwa untuk mengukur efektivitas penggunaan dana desa ada beberapa aspek yaitu pencapaian tujuan, ketepatan waktu, sesuai manfaat dan hasil sesuai dengan harapan masyarakat. Adapun faktor pendukung dan penghambat efektivitas penggunaan dana desa dalam pembangunan di Desa Handil Bujur Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar adalah faktor pendukung , kualitas sumber daya aparat desa yang yang memadai dan transparansinya penggunaan dana desa Adapun faktor penghambat adalah mahalnya bahan material dan  terlambatnya penyaluran dana desa. Saran untuk kedepannya yaitu membuat sistem informasi desa berbasis online, melakukan pemetaan potensi wilayah dan potensi wisata.

 

 

Kata Kunci:Efektivitas, Dana Desa, Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI