DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kajian Kelayakan Bangunan Ramah Disabilitas di Kota Banjarmasin
PENGARANG:YOGABAKTI ADIPRADANA SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


 

Abstrak 

 

Pertumbuhan penduduk kota Banjarmasin saat ini semakin bertambah, hal ini membawa dampak juga bagi perekonomian. Semakin berkembangnya suatu daerah maka perkembangan dibidang konstruksi semakin marak dilakukan, bangunan-bangunan tidak lagi pada kota-kota besar namun sudah menyebar kedaerah-daerah yang tergolong baru. Pertumbuhan penduduk Kota Banjarmasin saat ini semakin bertambah, hal ini membawa dampak juga bagi perekonomian serta kebutuhan bagnunan - banguan yang layak bagi setiap warganya termasuk yang memiliki kebutuhan khusus / disabilitas.Penelitian ini akan mengkaji Tingkat kelayakan abngunan disabilitas.

 

Wilayah yang diteliti adalah bangunan – bangunan dikota Banjarmasin, yang akan diwawancara dan mengisi kuesioner yang dibuat adalah pemerintah selaku penyedia bangunan dan para penderita disabilitas selaku pengguna, selanjutnya dibuat kesimpulan setelah mendapatkan data-data yang diinginkan. Menurut hasil kuesioner dapat ditarik kesimpulan bahwa bangunan – bangunan di Banjarmasin belum layak bagi para disabilitas.

 

Hasil penelitian ini adalah pertama, Kondisi bangunan disabilitas di Kota Banjarmasin dalam hal ini tidak cukup baik, dimana kurangnya ditemukan fasilitas bangunan ramah disabilitas di Kota Banjarmasin. Dimana faislitas disabilitas lebih banyak ditemukan di bangunan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Kedua, Strategi pengembangan bangunan disabilitas di Kota Banjarmasin harus terintegrasi dengan sistem informasi pembangunan serta informasi peraturan perundangan sehingga pembangunan antara bangunan disabilitas dengan sektor terkait termasuk rencana investasi prasarana,  sarana dan utilitas umum dapat tepat guna dan sesuai dengan skala prioritas pemabngunan yang bernilai strategis.

 

 

 

Kata Kunci : Disabilitas, Bangunan, Validasi Konsep

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI