DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efisiensi Alat dan Waktu Pekerjaan Lapis Pondasi Agregat pada Proyek Pembangunan Jalan Simpang 3 Lingkar Utara - Simpang 3 Golf
PENGARANG:BALQIS AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


Pelaksanaan suatu proyek dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya yang diperlukan. Ketersediaan tersebut dapat memengaruhi efisiensi pelaksanaan suatu proyek, baik dalam segi biaya maupun waktu pelaksanaan. Salah satu sumber daya yang akan digunakan pada Proyek Pembangunan Jalan Simpang 3 Lingkar Utara - Simpang 3 Golf yaitu, excavator, dump truck, motor grader, vibratory roller, dan water tank. Perhitungan produktivitas dan efisiensi alat berat merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu proyek.

          Pada hasil perhitungan produktivitas alat berat didapat nilai produktivitas excavator 52,25 m3 / jam, dump truck 5,04 m3 / jam, motor grader 1890 m3 / jam, vibratory roller 140,625 m3 / jam, dan water tank 171,42. Berdasarkan hasil analisa  rekapitulasi perbandingan alternatif alat berat, kombinasi alternatif yang direkomendasikan untuk Proyek Pembangunan Jalan Simpang 3 Lingkar Utara – Simpang 3 Golf adalah kombinasi pada alternatif 3 yang terdiri dari 3 unit excavator, 32 unit dump truck, 1 unit motor grader, 2 unit vibratory roller, dan 1 unit water tank. Karena kombinasi pada alternatif 3 memiliki selisih waktu dan biaya yang besar atau efisien dibanding dengan alternatif 1 dan 2. Pekerjaan dapat diselesaikan 100% dengan durasi 24 jam dengan biaya total yang dibutuhkan  Rp. 320.916.000.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI