DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN O'KAMI BERBASIS LITERASI SAINS PADA TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP
PENGARANG:NOOR LAILI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-13


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN O’KAMI BERBASIS LITERASI SAINS PADA TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP (Oleh : Noor Laili; Pembimbing : Dr. Arif Sholahuddin, S.Pd., M.Si., Rizky Febriyani Putri, M.Pd.; 2021 ;74 halaman)

ABSTRAK :  Rendahnya tingkat literasi sains berdampak pada tingkat aktivitas belajar peserta didik yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media O’KAMI dengan topik materi suhu dan perubahannya berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh pada penelitian yaitu (1) Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya valid digunakan untuk melatih literasi sains peserta didik kelas VII. (2) Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya praktis digunakan untuk melatih literasi sains peserta didik kelas VII. (3) Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya efektif digunakan untuk melatih literasi sains peserta didik kelas VII dengan N-gain kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media O’KAMI berbasis literasi sains pada topik materi suhu dan perubahannya layak digunakan pada pembelajaran materi suhu dan perubahannya.

Kata kunci : Media O’KAMI , literasi sains, suhu dan perubahannya 

 

 

THE DEVELOPMENT OF O'KAMI LEARNING MEDIA BASED ON SCIENCE LITERACY ON THE TOPIC OF TEMPERATURE AND CHANGES IN CLASS VII SMP (By : Noor Laili; Supervisor : Dr. Arif Sholahuddin, S.Pd., M.Si., Rizky Febriyani Putri, M.Pd.; 2021 ;74 pages)

ABSTRACT :  The low level of scientific literacy has impacted on the decreased level of student learning activities. This study conducts to describe the feasibility of O’KAMI media with the topic of temperature and its changes based on validity, practicality and effectiveness. This study uses research and development (R&D) research methods with the ADDIE model. This research instrument uses validation sheets, student response questionnaires and learning outcomes tests. The results are obtained in the study are (1) O’KAMI media on temperature and its changes learning are valid to be used to train scientific literacy for the students of class VII. (2) O’KAMI media on temperature and its changes learning are practically used to train science literacy for the students of class VII. (3) O’KAMI media in temperature and its changes learning is effectively used to train science literacy for the students of class VII with N-gain in the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that the development of O’KAMI media based on scientific literacy on the topic of temperature material and its changes is feasible to use in learning temperature material and its changes.

Keywords: O’KAMI media, scientific literacy, temperature and its changes

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI