DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN SISTEM FONDASI DALAM PADA BANGUNAN BERTINGKAT SEPULUH: PENGEMBANGAN GEDUNG LABORATORIUM KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ERWIN SAPUTRA GUNAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-14


Banjarmasin sebagai salah satu kota yang mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai bidang. Minimnya lahan dan seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat menimbulkan pemukiman, perkantoran, sarana prasarana kesehatan semakin dibutuhkan. Namun tingginya kebutuhan lahan dan ruang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan serta semakin meningkatnya harga lahan menjadi sebuah permasalahan sehingga pertambahan ruang kerja atau hunian terpaksa dibangun mengarah vertikal.

Bangunan dengan ketinggian di atas 40 meter digolongkan ke dalam bangunan bertingkat tinggi karena perancangan struktur yang lebih kompleks. Perhitungan analisa struktur dibantu dengan program komputer dan perhitungan manual digunakan pada pengembangan pembangunan gedung bertingkat sepuluh beracuan pada persyaratan tentang beton struktural pada SNI 2847:2019. Pembebanan mengacu pada SNI 1727-2019, perhitungan beban gempa mengacu pada SNI 1726-2019, dan untuk perancangan geoteknik mengacu pada SNI 8460-2017. Sistem struktur yang digunakan adalah sistem beton bertulang dengan fc’30 MPa dan fy 400 MPa.

Untuk menghitung daya dukung yang akan memikul beban vertikal digunakan metode Suyono Sosrodarsono ,untuk lateral digunakan metode Davisson dan Gill, didapatkan daya dukung vertikal tiang tunggal sebesar 1395,4 kN, fondasi tiang pancang ukuran 35 cm x 35 cm dengan kedalaman fondasi sebesar 44 m. Hasil perhitungan daya dukung tiang tunggal dan efisiensi kelompok tiang diperoleh 5 jenis pile cap. Penurunan pada bangunan ini di lakukan dengan perhitungan penurunan segera dan diperoleh hasil maksimum sebesar 0,0413 m dibandingkan dengan syarat aman penurunan menurut SNI 8460:2017.

 

Kata kunci: Bangunan Tingkat Tinggi, Daya Dukung, Pile Cap, Penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI