DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME PEKERJAAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MICROSOFT EXCEL, SKETCH UP, DAN AUTODESK REVIT
PENGARANG:FEDU NOOR ALFIO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-14


ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME PEKERJAAN MENGGUNAKAN SOFTWARE

MICROSOFT EXCEL, SKETCH UP, DAN AUTODESK REVIT

Fedu Noor Alfio, Retna Hapsari Kartadipura

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax.(0511) 4781730

Email: fedunoor@gmail.com

 

ABSTRAK

Permasalahan yang tidak jarang muncul saat melakukan perancangan suatu projek salah satunya disebabkan oleh kesalahan perhitungan volume pekerjaan yang ada didalam anggaran suatu proyek. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan penelitian untuk memberikan referensi mengenai penggunaan software yang berbeda (Microsoft Excel, Sketch Up, dan Autodesk Revit) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Caranya adalah dengan  melakukan penyamaan konsep permodelan dari setiap aplikasi yang mana mengacu pada konsep permodelan Autodesk Revit sebagai software BIM.

Penelitian ini dilakukan dengan membuat permodelan bangunan terminal khusus sebagai studi kasus. Konsep yang diterapkan adalah pertama permodelan dilakukan dengan membuat model dasar sebagai acuan. Setiap objek bangunan akan dimodelkan secara terpisah menjadi komponen-komponen sebelum nantinya akan disatukan menjadi sebuah projek secara utuh untuk kemudian dianalisis untuk masalah cara penggunaan, selisih volume yang dihasilkan, serta kelebihan dan kelemahan masing-masing software jika digunakan untuk menghitung volume pekerjaan.

Dari analisis ini dapat disimpulkan penggunaan software yang berbeda untuk menentukan volume pekerjaan dapat dilakukan dengan menerapkan konsep permodelan yang sama. Selisih Nilai volume yang didapatkan dari sistem permodelan dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software untuk menentukan volume suatu pekerjaan.

Kata kunci : Permodelan, Volume, Microsoft Excel, Sketch Up, Autodesk Revit

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI