DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Literatur Manusia, Tempat dan Lingkungan Pada Buku Siswa IPS Kelas 7
PENGARANG:BERNADUS REFIKRISTE MARDIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-14


ABSTRAK

Mardiyanto, Bernadus Refikriste. 2020. STUDI LITERATUR MANUSIA, TEMPAT DAN LINGKUNGAN PADA BUKU SISWA IPS KELAS 7. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Deasy Arisanty, M.Sc. dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Buku siswa merupakan sebuah dokumen hidup yang senantiasa memerlukan perbaikan dan pembaruan. Materi ajar “Manusia, Tempat dan Lingkungan” pada buku siswa IPS kelas 7 diharapkan dapat memperluas wawasan keruangan serta memberikan pemahaman akan sudut pandang geografis dunia kepada peserta didik. Materi pada buku siswa yang baik haruslah terdapat cakupan materi yang komprehensif dan aktual dengan kondisi peserta didik. Materi harus sesuai dengan kurikulum, satu diantara beberapa komponen kurikulum tersebut adalah kompetensi dasar (KD). Tujuan dari penelitian: mendeskripsikan materi manusia, tempat dan lingkungan pada buku teks kelas 7 semester pertama, menganalisis kesesuaian antara kompetensi dasar dan materi yang ada didalamnya.

Penelitian ini menggunakan studi literatur sebagai metode penelitian. Peneliti mengumpulkan dan memanfaatkan sebanyak 73 sumber untuk pembahasan serta menganalisis kesesuaian antara KD dengan materi untuk mengetahui efektivitas materi yang dikonsumsi oleh peserta didik. Materi pada penelitian ini terdapat pada buku siswa IPS peserta didik bab 1 semester pertama yaitu tentang manusia, tempat dan lingkungan. Hasil yang peneliti dapat dalam penelitian: materi ajar dengan kompetensi dasar sudah sesuai, namun terdapat beberapa hal yang perlu ditambahkan oleh pendidik dalam mengajar, yaitu konten muatan lokal serta contoh relevan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, keseluruhan konten dalam buku teks pada bab manusia, tempat dan lingkungan ini sudah relevan untuk dijadikan buku ajar.

Simpulan: materi “Manusia, Tempat dan Lingkungan” pada buku siswa terbukti sesuai dengan konsep yang peneliti dapatkan melalui studi kepustakaan, materi ajar dengan kompetensi dasar sudah sesuai dan telah peneliti tambahkan dengan konten lokal

Kata kunci: Manusia, Tempat, Lingkungan, Buku Siswa IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI