DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SUMBER BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR (SD) DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
PENGARANG:EKKA NORLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-14


 

ABSTRAK

 

Ekka Norliana. 2021. Studi Literatur Tentang Sumber Belajar IPS Di Sekolah Dasar (SD) Dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Rezky  Noor Handy, M.Pd

 

           

 

            Sumber Belajar IPS merupakan mata kuliah di Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. Mata kuliah Sumber Belajar IPS disajikan dalam 16 pertemuan, materi yang diajarkan pada mata kuliah Sumber Belajar IPS yaitu mempelajari tentang definisi sumber belajar IPS hingga pengembangan sumber belajar IPS. Kendala perkuliahan Sumber Belajar IPS adalah belum adanya buku ajar Sumber Belajar IPS sebagai pedoman pada perkuliahan. Buku ajar Sumber Belajar IPS dengan maksud untuk dijadikan pedoman kepada mahasiswa/i Pendidikan IPS FKIP ULM nantinya sebagai guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar peserta didik. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan lingkup sumber belajar IPS. 2) Mendeskripsikan Sumber Belajar IPS di Sekolah Dasar. 3) Mendeskripsikan Sumber Belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama.

 

            Metode penelitian yang digunakan dengan desain penelitian yaitu studi literatur dengan mengumpulkan berbagai literatur yang terkait kemudian di analisis untuk keperluan karya tulis ini. Strategi pencarian literatur digunakan untuk penelusuran artikel dengan jumlah 94 sumber. Mekanisme penelusuran data digunakan untuk mencari kata kunci dari tiga rumusan masalah. Bentuk narasi digunakan untuk mensintesis data dalam penelitian studi literatur dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi sejenis sesuai dengan hasil untuk menjawab tujuan.

 

            Berdasarkan hasil penelitian sebagai literatur bahan ajar materi perkuliahan “Sumber Belajar IPS” yang berisikan deskripsi yaitu: 1) Lingkup sumber belajar IPS mendeskripsikan definisi para ahli, fungsi, manfaat sumber belajar IPS dan macam-macam sumber belajar IPS seperti pesan, manusia, bahan, alat, metode dan lingkungan. Sumber belajar IPS didefinisikan segala sesuatu yang dapat memberi informasi kepada peserta didik. 2) Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar menggunakan pembelajaran tematik integratif dengan menggunakan sumber belajar IPS yang meliputi segala sesuatu dengan mengambil tema-tema sosial yang ada di sekitar peserta didik sesuai karakteristik tingkat perkembangan berpikir konkrit. 3) Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama menggunakan pembelajaran IPS terpadu dengan sumber belajar IPS yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat sesuai karakteristik tingkat perkembangan usia peserta didik SMP yang sudah pada taraf berpikir abstrak. Potensi sumber belajar untuk pembelajaran sangat banyak hanya saja guru kurang jeli dan kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar IPS.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Studi Literatur, Sumber Belajar, dan Pembelajaran IPS

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI