DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Definisi Ilmu Sejarah Hingga Identifikasi Kausalitas Sejarah
PENGARANG:AIDA AFRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-14


ABSTRAK

 

Aida Afrina 2021. Definisi Ilmu Sejarah Hingga Identifikasi Kausalitas Sejarah. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Heri Susanto, M.Pd                    

Konsep utama pada mata kuliah Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS berkaitan dengan waktu, perubahan dan keberlanjutan. Sejarah memberikan ruang kisah kehidupan manusia di masa lampau, masa sekarang dan di masa yang akan datang yang hanya terjadi satu kali tanpa terulang kembali. Guna untuk mencapai kompetensi dalam pembelajaran diperlukannya bahan ajar terkait Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS. Tujuan penulisan pada penelitian ini antaranya yaitu: 1) Mendeskripsikan definisi ilmu sejarah. 2) Mendeskripsikan bidang-bidang ilmu sejarah. 3) Mendeskripsikan metode sejarah. 4) Mendeskripsikan sumber sejarah. 5) Mendeskripsikan macam-macam ilmu bantu sejarah. 6) Mendeskripsikan definisi identifikasi kausalitas sejarah.

            Metode penelitian yang digunakan dengan desain penelitian studi literatur tentang Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS dengan mengumpulkan buku, ebook, jurnal dan pustaka lainnya yang relevan. Strategi pencarian literatur digunakan untuk penelusuran artikel dengan jumlah 119 sumber. Mekanisme penelusuran data digunakan untuk mencari kata kunci dari enam rumusan masalah. Metode naratif digunakan untuk mensintesis data dari studi literatur.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan manusia di masa lampau. 2) Sejarah memiliki jenis bidang diantaranya sejarah sosial, ekonomi, kebudayaan, demografi, politik, intelektual, keluarga, etnis, psikologis, pendidikan dan medis. 3) Metode penelitian sejarah diantaranya heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. 4) Sumber sejarah diantaranya sumber tertulis, lisan, benda dan audio visual. 5) Ilmu bantu sejarah paleoantropologi, paleontologi, arkeologi, paleografi, epigrafi, ikonografi, numismatik, keraminologi, genealogi, filologi dan etnografi. 6) Lingkup kausalitas sejarah adalah hubungan sebab akibat antara suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS merupakan cabang ilmu yang mempunyai tujuan supaya peserta didik bisa membangun pemahaman tentang konsep sejarah waktu, perubahan dan keberlanjutan, dengan memahami bidang-bidang ilmu sejarah serta metode dan sumber sejarah untuk melakukan sebuah penelitian sejarah, juga memahami macam-macam ilmu bantu sejarah dan kausalitas sejarah. Saran penulis bagi mahasiswa agar dapat digunakan sebagai bahan pegangan untuk materi perkuliahan pada mata kuliah Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS

Kata Kunci: Studi  Literatur, Sejarah, dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI