DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:DESY NOR EMELYA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Lingkungan pendidikan sering dimasukkan dalam faktor yang mempengaruhi belajar. Belajar itu sendiri diartikan sebagai perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dan latihan dan pengalaman. Fakor yang mempengaruhinya belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu motivasi, sedangkan faktor ekstern yaitu lingkungan sekolah. Permasalahan yang dihadapai siswa adalah siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran, siswa tidak memilki antusias belajar yang tinggi dan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh efektifitas lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/ 2017.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebesar 432 orang dan untuk penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Samplingsehingga sampelnya sebesar 90 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 80,75%, motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 79,76% dan terbukti bahwa lingkungan sekolah pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin sebesar 0,711 atau 71,1% dengan kategori kuat dan 28,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang diberikan hendaknya siswa membuat kelompok belajar dengan cara mengerjakan tugas secara bersama-sama dengan teman yang berdekatan tempat tinggal, dan ikut kegiatan les bersama-sama dengan teman. Guru Hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga akan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk belajar.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI