DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP RENCANA PENGEMBANGAN KAWASAN PERKANTORAN KOTA MARTAPURA
PENGARANG:BAGUS RIDHANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Pengembangan kawasan perkantoran di Kota Martapura berdasarkan masterplan RTBL Kabupaten Banjar memiliki luas lahan sebesar 103,5 Ha dengan luas total 90.270 m2 untuk kantor-kantor pemerintahan dan dinas. Diduga setelah kawasan perkantoran selesai dibangun dan mulai beroperasi akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap jaringan jalan yang berada di sekitar pengembangan kawasan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi besarnya bangkitan/tarikan pergerakan atau perjalanan yang terjadi akibat kawasan perkantoran yang telah beroperasi, menganalisis kinerja lalu lintas pada jaringan jalan yang diperkirakan akan terpengaruh oleh kawasan perkantoran setelah beroperasi, menganalisis dampak yang ditimbulkan oleh beroperasinya kawasan perkantoran dan memberikan solusi penanganan yang tepat untuk mempertahankan kelancaran arus lalu lintas di sekitar kawasan perkantoran. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data arus lalu lintas dan membuat Matrik Asal Tujuan (MAT) dengan menggunakan metode Detroit untuk melakukan prediksi pada kondisi pasca-konstruksi, 5 tahun dan 10 tahun pasca konstruksi pada ruas jalan yang ditinjau serta menghitung tingkat pelayanan pada masing-masing tahun tinjauan sesuai dengan skenario penanganan yang telah ditentukan.
Besar bangkitan/pergerakan lalu lintas yang terjadi adalah sebesar 788 kendaraan atau 462 SMP/Jam.Pada kondisi eksisting tingkat pelayanan terburuk D yaitu jalan Sekumpul (Jl. A. Yani), jalan Sekumpul Ujung (Indrasari) dan Pasar Martapura (Jl. Barakat).Prakiraan dampak lalu lintas yang ditimbulkan adalah kenaikan DS yang berkisar antara 9,48% hingga 53,53%.Rekomendasipenangananyang dapat diberikan adalah Skenario 3 dengan membuat akses exit/entry pada ruas jalan Alkah sehingga pertumbuhan volume lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan Sekumpul menjadi 12% hingga 56%.
Kata kunci: Analisa Dampak Lalu Lintas, Matrik Asal Tujuan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI