DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGUASAAN SOFT SKILL GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ISMINDA NADYA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan soft skill guru ekonomi menurut penilaian dari kepala sekolah dan rekan kerja terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se-Kota Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, yaitu memberikan deskripsi tentang soft skill guru ekonomi menurut penilaian kepala sekolah dan menurut rekan kerja. Populasi penelitian berjumlah 13 orang untuk kepala sekolah, dan rekan kerja berjumlah 69 orang.
Analisis disajikan data profil soft skill guru ekonomi dari penilaian dari kepala sekolah, penilaian dari rekan kerja dan gabungan penilaian antara kepala sekolah dan rekan kerja terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill guru ekonomi yang terdiri dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial menunjukkan bahwa: 1)Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara soft skill guru ekonomi menurut penilaian kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R = 0,871 dan R2 = 0,759 atau persentase sebesar 75,9% dengan Fhitung sebesar 3,153 < Ftabel 4,280 dengan p > 0,05. 2)Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara soft skill guru ekonomi menurut penilaian dari rekan kerja terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R = 0,326 dan R2 = 0,106 atau persentase sebesar 10,6% dengan Fhitung sebesar 1,230 < Ftabel 2,250 dengan p > 0,05. 3)Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara soft skill guru ekonomi menurut penilaian dari kepala sekolah dan rekan kerja terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R = 0,761 dan R2 = 0,580 atau persentase sebesar 58% dengan Fhitung sebesar 1,380 < Ftabel 4,280 dengan p > 0,05.
Kata Kunci: analisis, soft skill, guru ekonomi, hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI