DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI TARI RADAP RAHAYU KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 11 BANJARMASIN
PENGARANG:RISKA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-16


Pembelajaran tidak lepas dari strategi, cara mengajar dan melalui media apa yang layak digunakan dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya. Penggunaan sistem jaringan telah disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada maraknya pandemi Covid-19. Pembelajaran harus dilaksanakan di rumah melibatkan aplikasi whatsapp. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran pada 4 kali pertemuan, serta hasil akhir pembelajaran secara daring melalui whatsapp penelitian  ini  dilakukan  pada guru seni budaya dan 5 orang siswa SMA Negeri 11 Banjarmasin kelas X MIPA 3 pada materi diajarkan 4 ragam gerak tari Radap Rahayu yang dilakukan dengan sistem pembelajaran daring menggunakan metode penelitiankualitatif. Hasil penelitian ini berkategorikan cukup baik dilihat dari proses pertemuan 1 hanya beberapa siswa yang aktif merespon pembelajaran di grup, pertemuan 2 siswa diminta mandiri memahami tari radap rahayu, pertemuan 3 siswa diberi penugasan ada beberapa siswa tidak mengerjakan tugas, pertemuan 4 siswa yang diminta mengirimkan video menari 4 ragam tidak semua mengirimkan tugas hingga diperoleh nilai akhir yaitu nilai kehadiran, tugas, dan praktek yang cukup. Mereka masih kaku dalam mempelajari gerak karena sulit mempelajari detail  gerakannya. interaksi siswa dan guru tidak secara langsung dan terhalang kondisi jaringan, siswa tidak memahami materi hanya dengan melihat video-video, sumber internet, siswa sulit belajar dan masih banyak kendala dalam penggunaan pembelajaran dalam jaringan ini terutama mengharuskan belajar mandiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI