DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MODEL PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DI KELAS V SD NEGERI SEKAPUNG KABUPATAEN KOTABARU
PENGARANG:SWANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-16


ABSTRAK

Swanda. 17101223100622021. Analisis Model Pendekatan Bermain terhadap Kebugaran Jasmani    di Kelas V SD Negeri Sekapung Kabupaten Kotabaru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing (1). Dr. Ma’ruful Kahri., M.Pd. (II). Dr. Nurdiansyah., M.Pd. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Sekapung Kabupaten Kotabaru terhadap 4 pendekatan model bermain dengan masalah apakah ada pengaruh pendekatan bermain terhadap kebugaran jasmani.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap obyek yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas V dengan jumlahsampel sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu melalui survei dan tes kebugaran jasmani Indonesia selama 6 hariTes kebugaran jasmani dilakukan selama 2 hari dan kegiata model pendekatan bermain selama 4 hari. Setelah melakukan pengumpulan data, data dianalisis dengan membuat distribusi frekuensi kondisi fisik peserta didik kelas V. 

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data tentang tes kebugaran jasmani peserta didik kelas V terhadap model bermain. 

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tes kebugaran jasmani awal dan akhir terdapat pengaruh kebugaran jasmani peserta didik setelah melakukan kegiatan model bermain. Untuk tes kebugaran jasmani awal terdapat klasifikasi sedang dengan jumlah nilai antara 14-17 frekuensi 10 dan tes kebugaran jasmani akhir terdapat klasifikasi baik dengan jumlah nilai antara 18-21 frekuensi 4. 

 

Kata Kunci: Analisis, model pendekatan bermain, kebugaran jasmani

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI