DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK DI DAERAH LAHAN BASAH PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI ASPEK SOSIOLOGIS DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:IHIP
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-16


 ABSTRAK

 

IHIP, NIM. 1710122210013, Implementasi Pembelajaran PJOk di Daerah Lahan Basah Pada Saat Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Aspek Sosiologis Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing  (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M.Pd. (II) Dr. Tri Irianto, M.Kes.

 

               Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran PJOK di Daerah Lahan Basah Pada Saat Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Aspek Sosiologis di Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Karena proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor PBM, Sosiologis siswa, dan Sosiologis orang tua, sehingga jika salah satu dari faktor tersebut tidak terpenuhi maka tujuan pembelajaran PJOK di daerah lahan basah  tidak tercapai

                 Penelitian ini menggunaka metode penelitian ex post facto dengan tekhnik pengumupan data menggunakan observasi, menyebarkan angket atau kuesioner secara luring.  metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Sampel dari penelitian ini adalah SDN 2 Agung, SMPN 5 Tanjung, SMAN 3 Tanjung di Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.  Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik di sekolah SD Negeri 2 Agung, SMPN 5 Tanjung, dan SMAN 3 Tanjung, adapun sampel pada penelitian ini ialah seper tiga dari jumlah keseluruhan peserta didik yang ada di SD Negeri 2 Agung, SMP Negeri 5 Tanjung, dan SMA Negeri 3 Tanjung. Analisis data menggunakan analisis Mixed method yang menggabungkan antara data secara Statistik deskriptif dan kualitatif.

 

Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa implementasi pembelajaran PJOK di SD, SMP,dan SMA yang berada di Kecamatan Tanjung Kabupaten pada saat pandemi COVID-19 terlaksana dengan baik karena dengan pengaruh sosiologis siswa dan sosiologis orang tua serta letak geografis yang berperan sebagai pendukung dalam terlaksana dan tercapainya proses belajar mengajar (PBM) dengan baik.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Pada Saat COVID-19,

Ditinjau Dari Aspek Sosiologis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI