DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI TAMAN KANAK-KANAK (STUDI MULTISITUS DI TK AL HAMID DAN TK BLOSSOM BANJARMASIN)
PENGARANG:RIZKA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-16


ABSTRAK

Amalia, Rizka. 2021.Penanaman Karakter Religius dan Disiplin melalui Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Di Taman Kanak-Kanak Studi Multisitus Di TK Al Hamid dan TK Blossom Banjarmasin. Tesis, Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd, (II) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci : Karakter Religius, Disiplin, dan Tahfidz AlQuran

 

Peran pembelajaran Tahfidz AlQuran dalam pembentukan karakter religius dan disiplin dengan penanaman nilai agama terhadap anak usia dini di TK Al Hamid dan TK Blossom Banjarmasin. TK Al Hamid dan TK Blossom dalam pada penelitian ini memiliki sistem pembelajaran menghafal surah – surah pendek yang lebih banyak sehingga menjadi keunggulan dikedua TK dibandingkan dengan sekolah TK lainnya. Waktu Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di TK tersebut lebih diperbanyak dengan tujuan meningkatkan mutu sekolah pada Era modern ini, seiring perkembangan zaman sikap dan perilaku anak TK rentang usia 4 – 5 tahun , 5 – 6 tahun adalah periode dimana anak belajar terhadap apa yang dilihatnya secara langsung. Penanaman karakter religius ini di tanamkan melalui kegiatan Tahfidz Al Qur’an, pada karakter religius ini anak di tuntut untuk menjadi disiplin mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah ataupun mengerjakan tugas saat anak berada di rumah bersama orangtua. Kegiatan program Tahfidz Al Qur’an di laksanakan rutin setiap pagi hari, sehingga menjadikan anak – anak lulusan TK Al Hamid dan TK Blossom lebih banyak memiliki hafalan surah, anak – anak menjadi berkarakter lebih santun terhadap orangtua dan guru, anak – anak menjadi disiplin dalam mengikuti program yang di buat oleh sekolah dan dirumah.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan databerupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan analisis data situs tunggal dilakukan pada dua objek penelitian.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang konsep pembentukan karakter religius dan disiplin melalui kegiatan Tahfidz AlQur’an,mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius dan disiplin melalui kegiatan Tahfidz AlQur’an, mendeskripsikan karakter religius dari para alumni lulusan TK Al Hamid dan TK Blossom Banjarmasin.Penelitian Pembentukan Karakter Religius Melalui Tahfidz Al Qur’an menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan tempat penelitian di Taman Kanak-Kanak TK Al Hamid dan TK Blossom Banjarmasin.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa : 1) peserta didik TK Al Hamid dan TK Blossom menjadikan anak berkarakter religius dan disiplin, 2) Anak menjadi terbiasa melakukan hal – hal yang berkaitan dengan kegiatan religius yakni menghafal surah rutin saat di sekolah dan dirumah, berakhlaq santun terhadap guru dan orangtua, 3) disiplin dalam mentaati aturan sekolah dan aturan dirumah. 4) Anak dapat menerapkan, mengamalkan hafalan surah dalam kegiatan sehari – hari sehingga kegiatan Tahfidz Al Qur’an menjadi kegiatan unggulan bagi sekolah dan pilihan yang tepat bagi orangtua memilih sekolah TK Al Hamid dan TK Blossom Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI