DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK DI DAERAH LAHAN BASAH PADA SAAT PANDEMI COVID 19 DITINJAU DARI ASPEK SOSIOLOGIS DI KECAMATAN BUMI MAKMUR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ANGIE AFREINI HASYIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-16


 

ABSTRAK

 

ANGIE AFREINI HASYIM NIM. 1710122120006, Implementasi Pembelajaran PJOK di Daerah Lahan Basah Pada Saat Pandemi COVID-19 DItinjau Dari Aspek Sosiologis Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Athar, M.Kes, AIFO. (II) Dr. Rahmadi, S.Pd., M.Pd

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi  Pembelajaran PJOK di Daerah Lahan Basah Pada Saat Pandemi Covid-19 ditinjau dari Aspek Sosiologis di Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Karena proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor PBM, Sosiologis Peserta didik, dan Sosiologis orang tua, sehingga jika salah satu dari faktor tersebut tidak terpenuhi maka tujuan pembelajaran PJOK di daerah lahan basah  tidak tercapai.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, menyebarkan angket atau kuesioner online, google form dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis Mixed method yang menggabungkan antara data secara Statistik deskriptif dan kualitatif. 

 

Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik di sekolah UPTD SD Negeri 1 Sungai Rasau, UPTD SMP Negeri 1 Bumi Makmur dan SMA Negeri Bumi Makmur, adapun sampel pada penelitian ini ialah sepertiga dari jumlah keseluruhan peserta didik yang ada UPTD SD Negeri 1 Sungai Rasau, UPTD SMP Negeri 1 Bumi Makmur dan SMA Negeri Bumi Makmur. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. 

 

Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa implementasi pembelajaran PJOK di SD, SMP, dan SMA yang berada di Kecamatan Bumi Makmur pada saat pandemi Covid-19 terlaksana dengan baik karena dengan pengaruh sosiologis peserta didik dan sosiologis orang tua serta letak geografis yang berperan sebagai pendukung dalam terlaksana dan tercapainya proses belajar mengajar (PBM) dengan baik.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Pada Saat Covid-19, Ditinjau Dari Aspek Sosiologis

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI