DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TOPIK PERUBAHAN WUJUD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMPN 22 BANJARMASIN
PENGARANG:NOORLATIFAH
PENERBIT:PROGRAM PASCASARJANA
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, perubahan wujud, hasil
belajar, keterampilan berpikir kritis


Pembelajaran IPA di SMP bagi guru masih mengalami kesulitan
dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis sehingga hasil belajar dan
keterampilan berpikir kritis kurang optimal. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi
kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan perangkat pembelajaran IPA hasil pengembangan mengunakan model
pembelajaran inkuiri terbimbing topik perubahan wujud di SMPN 22
Banjarmasin.
Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan
perangkat yang digunakan adalah model Tessmer, meliputi tahap
self evaluation,
expert review, one to one, small group, field test
. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan adalah silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan lembar penilaian.
Subyek dalam penelitian adalah para pakar sebanyak 3 orang yang berasal dari
perguruan tinggi dan guru IPA SMP serta peserta didik kelas VII SMPN 22
Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran
menggunakan model inkuiri terbimbing topik perubahan wujud tergolong sangat
valid meliputi silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, dan lembar penilaian; (2)
Perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing topik perubahan
wujud tergolong praktis diperoleh dari keterlaksanaan RPP (kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) terkategori baik; (3) Perangkat
pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing topik perubahan wujud
tergolong efektif meliputi hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan
sebesar 76% dan telah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, keterampilan
berpikir kritis peserta didik terkategori sangat baik, keterampilan psikomotor
peserta didik menggunakan kertas saring terkategori sangat baik, perilaku
berkarakter meliputi aspek disiplin terkategori sangat baik dan aspek tanggung
jawab terkategori sangat baik, keterampilan sosial meliputi aspek bekerja sama
terkategori cukup baik dan aspek menyumbangkan ide terkategori sangat baik,
dan sikap spiritual rasa syukur terkategori sangat baik. Berdasarkan hasil
penelitian berikut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA
menggunakan model inkuiri terbimbing topik perubahan wujud terhadap hasil
belajar dan keterampilan berpikir kritis di SMPN 22 Banjarmasin valid, praktis,
dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI