DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tuturan Imperatif dalam Iklan Layanan Masyarakat pada Media Youtube
PENGARANG:ANDRIE KURNIA RAMADHANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-17


ABSTRAK Ramadhany, Andrie Kurnia. 2021. Tuturan Imperatif dalam Iklan Layanan Masyarakat pada Media Youtube. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (2) Dr. Noor Cahaya, M.Pd. Kata Kunci: pragmatik, imperatif, iklan layanan masyarakat, media, youtube Kehidupan sosial manusia di masyarakat tidak dapat lepas dari bahasa. Bahasa memiliki peran dan fungsi sebagai alat untuk mengemukakan ide, gagasan, keinginan, bahkan mampu menggerakkan dan memengaruhi orang lain. Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu sarana berkomunikasi yang dimaksudkan agar peran dan fungsi dari bahasa tersebut dapat berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud imperatif, fungsi imperatif, dan makna imperatif dalam tayangan iklan layanan masyarakat pada media Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 15 (lima belas) tayangan iklan layanan masyarakat pada media Youtube dan hasil wawancara yang dilakukan terhadap 30 (tiga puluh) informan. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik catat serta metode cakap dengan teknik pancing dan teknik cakap semuka sebagai teknik lanjutan. Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tuturan imperatif tidak selalu dituturkan dengan wujud kalimat imperatif langsung, namun dapat dituturkan dengan wujud kalimat imperatif tidak langsung, yaitu kalimat deklaratif dan interogatif. Wujud tuturan imperatif dalam tayangan iklan layanan masyarakat yang menjadi sumber data dalam penelitian ini, ditemukan sebanyak 84 wujud tuturan imperatif yang terbagi menjadi 31 wujud imperatif biasa, 9 wujud imperatif permintaan, 4 wujud imperatif pemberian izin, 18 wujud imperatif ajakan, dan 22 wujud imperatif suruhan. Tuturan imperatif yang paling dominan muncul adalah imperatif biasa, yaitu 31 tuturan. Hal ini dikarenakan tuturan yang ada dalam iklan layanan masyarakat lebih banyak menggunakan kata kerja dasar agar iklan menjadi lebih singkat dan padat, namun tetap menarik serta dapat dipahami dengan baik oleh masyarkat. Fungsi tuturan imperatif dalam iklan layanan masyarakat pada media Youtube, yaitu untuk menginformasikan, menghimbau, mengedukasi, mengajak, dan mengingatkan. Selanjutnya, makna tuturan imperatif dalam iklan layanan masyarakat memiliki pemaknaan yang beragam. Hal itu dapat menentukan sikap mitra tutur dalam mengimplementasikan tuturan imperatif tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI