DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBUGARAN JASMANI ATLET BULUTANGKIS PB. BERKAT ABADI KABUPATEN BANJAR USIA 10-12 TAHUN
PENGARANG:NOVARA MEGA VRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-17


ABSTRAK

 

NOVARA MEGA VRIANA. NIM. 1710122220031. “Kebugaran Jasmani Untuk Atlet             Bulutangkis PB. Berkat Abadi Kabupaten Banjar Usia 10-12 Tahun”. Skripsi : Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2021. Pembimbing : (I) Dr. Tri Irianto, M. Kes, AIFO, (II) Drs. Abd. Hamid, M.Pd.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program latihan terhadap kebugaran jasmani atlet usia 10-12 tahun. Supaya lebih maksimal dalam melakukan program latihan yang ditujukan menjadi juara saat bertanding.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Desaign dalam satu kelompok, dengan memberikan perlakuan yang lebih mengarah kepada program latihan yang diberikan oleh kepala pelatih.

            Populasi pada penelitian ini adalah 25 orang, sedangkan yang menjadi sampel berjumlah 9 orang yang berusia 10-12 tahun, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan yang diberikan dapat meningkatkan kebugaran jasmani atlet bulutangkis PB. Berkat abadi Kabupaten Banjar usia 10-12 tahun. Perlakuan latihan program latihan dari kepala pelatih club. Program latihan yang dijalankan selama kurang lebih dua bulan. Hasil perhitungan rata - rata nilai tes awal TKJI = 15 sedangkan hasil tes akhir TKJI = 19.

            Berdasarkan hasil analisis data dan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan kebugaran jasmani untuk atlet bulutangkis usia 10-12 tahun dengan program yang diprogramkan oleh kepala pelatih club.

 

Kata Kunci: Kebugaran jasmani, bulutangkis, 10-12 tahun.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI