DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING VERBAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIID SMP ISLAM SABILAL MUHTADIN BANJARMASIN
PENGARANG:ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


ABSTRAK 

Astuti.2019. Efektivitas Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Siswa Kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd (II) M. Andri Setiawan, M.Pd.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Bullying Verbal

Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik role playing dalam layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku bullying verbal pada siswa kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen desain dengan menggunakan bentuk intact-group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 12 orang.

Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Berdasarkan nilai z =

-3.063 sedangkan untuk nilai ztab = -0,0104 yang berarti zhit> ztab sehingga Ha diterima. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.002 < 0,05 =0,05 % juga menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya ada perbedaan tingkat perilaku bullying verbal siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: “Layanan Konseling Kelompok dengan menggunakan teknik role playing efektif dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa, yang ditandai dengan penurunan presentase skala perilaku bullying verbal siswa”. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI