DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN APLIKASI DISCORD PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD FERRY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


ABSTRAK MUHAMMAD FERRY. NIM. 1710122310035. Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Discord Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas X di SMA Negeri 1 Banjarbaru.Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Utama: Dr. Herita Warni, M. Pd. Pembimbing Pendamping: Dr. Mashud, S. Pd., M. Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efekivitas pembelajaran PJOK menggunakan aplikasi Discord pada masa pandemi Covid-19 kelas X di SMA Negeri 1 Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahTruee-Eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yakni dengan memberikan treatment kepada kelas eksperimen. Pretest dan Posttest diberikan kepada sampel untuk melihat perubahan nilai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t berpasangan dilakukan pada satu kelompok dengan hasil p<0,05 dengan nilai p=0,00. Populasi dalam penelitian ini diambil dari peserta didik laki-laki dan perempuan SMA Negeri 1 Banjarbaru yang dikhususkan pada kelas X sebanyak 276. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 136 peserta didik dengan menggunakan teknik Convience Sampling dan pembagian kelas dengan teknik Ordinal Pairing. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang diperoleh sebelum diberikan treatment (pretest) adalah 67,4706 dan hasil rata-rata kelas eksperimen setelah diberikan treatmen (posttest) adalah 79,7953. Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment (p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK menggunakan aplikasi Discord efektiv digunakan sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Discord, Pandemi Covid-19. iii ABSTRACT MUHAMMAD FERRY. NIM. 1710122310035. The Effectiveness of Learning PJOK Using Discord Applications During the Covid-19 Pandemic Class X at SMA Negeri 1 Banjarbaru. Thesis, Department of Sports and Health Education, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University, Main Advisor: Dr. Herita Warni, M. Pd. Associate Advisor: Dr. Mashud, S. Pd., M. Pd. The purpose of this study was to determine the effectiveness of PJOK learning using the Discord application during the Covid-19 pandemic class X at SMA Negeri 1 Banjarbaru. The method used in this research is Pre-Experiment with One-Group Pretest-Posttest Design research by giving treatment to the experimental class. Pretest and posttest are given to the sample to see changes in value. The data analysis technique used was paired t-test carried out in one group with a result of p <0.05 with a value of p = 0.00. The population in this study was taken from male and female students at SMA Negeri 1 Banjarbaru who were devoted to class X as many as 276. Meanwhile, the research sample consisted of 136 students using Covience Sampling technique and class division using the Ordinal Pairing technique. From the calculation results show that the average value of the experimental class obtained before being given treatment (pretest) is 67,4706 and the average result of the experimental class after being given the treatment (posttest) is 79,7953. The statistical test showed that there was a significant difference between before and after treatment (p <0.05). So it can be concluded that PJOK learning using the Discord application is effectively used as a learning medium during the Covid-19 pandemic. Keywords : Learning Effectiveness, Discord, Covid-19 Pandemic. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI