DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS INOVASI ALAY (ANAK LAHIR AKTA YES) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:M. ALFANI HASABI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


ABSTRAK

 

M. Alfani Hasabi. 1710411210011. “Efektivitas Inovasi ALAY (Anak Lahir Akta Yes) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan Muslih Amberi.

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana inovasi ALAY pada masa pandemi covid-19 serta apa saja faktor penghambat dan pendukung inovasi ALAY pada masa pandemi covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Metode penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder, serta teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang dipakai ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian memperlihatkan inovasi ALAY pada masa pandemi covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin mengenai sistem, mekanisme dan prosedurnya sudah sesuai dengan 5 indikator atribut inovasi menurut teori Rogers. Akan tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya informasi pelayanan publik membuat sebagian masyarakat kurang mengetahui bahwa pelayanan langsung/tatap muka diganti dengan pelayanan via whatsapp. Sedangkan faktor pendukung yang dimiliki ialah server jaringan yang lancar agar dapat mendukung jalannya Inovasi ALAY pada masa pandemi covid-19.

Saran dari penelitian ini yaitu dalam memberikan sosialisasi diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin terus lebih gencar meningkatkan informasi pelayanan publik, dan alangkah baiknya untuk menunjang sistem Inovasi ALAY dengan terus melakukan penambahan infrastruktur teknologi jaringan agar dapat terus menghasilkan pelayanan yang prima.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Akta Kelahiran, Pandemi Covid-19

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI