DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang Terdaftar di BEI Tahun 2020)
PENGARANG:ALYA SYAHRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance yang terdiri dari (1) Komisaris Independen, (2) Kepemilikan Manajerial, (3) Kepemilikan Institusional, (4) Komite Audit dan faktor lain selain mekanisme CG (5) profitabilitas terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini masih tergolong baru dan hanya menggunakan laporan keuangan perbulan (interim).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode hanya 2020. Pengumpulan data menggunakan data sekunder, data yang digunakan merupakan laporan bulanan perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran dan pariwisata dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Ada 90 sample data yang digunakan dalam penelitian ini yang kriteria sudah ditetapkan sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic. Untuk menganalisis menggunakan SPSS Versi 25.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Komisaris Independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketetapatan waktu penyampaian laporan keuangan pada masa pandemi covid-19. Sedangkan, kepemilikan manajerial,  kepemilikan institusional, komite audit, dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap ketetapatan waktu penyampaian laporan keuangan pada masa pandemi covid-19 perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020

Kata Kunci : Corporate Governance, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Profitabilitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI