DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK ART PSYCHOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE MENUJU ERA SOCIETY 5.0 PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:HELDA YUSFARINA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Self Disclosure pada siswa kelas XI Program Keahlian Seni Musik di SMK Negeri 4 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya teknik Art Psychotherapy. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas teknik Art Psychotherapy dalam meningkatkan Self Disclosure pada siswa kelas XI Program Keahlian Seni Musik di SMK Negeri 4 Banjarmasin.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan bentuk quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang.

 

Berdasarkan hasil uji mann whitney, menunjukkan bahwa Exact. Sig. (2-tailed)/significance adalah 0,042 atau probabilitas di atas 0,05 (0,042 < 0,05) dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat Self Disclosure sebelum dan sesudah diberikan teknik Art Psychotherapy. Maka, teknik Art Psychotherapy efektif untuk meningkatkan Self Disclosure pada siswa kelas XI  Program Keahlian Seni Musik di SMK Negeri 4 Banjarmasin. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI