DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Kepala Desa Dalam Mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Semangat Dalam Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:ANISA OLFAH HAROMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


KINERJA KEPALA DESA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN UNDANG-UNDANGNOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESASEMANGAT DALAM KABUPATEN BARITOKUALA

 

ANISA OLFAH HAROMA

1710413320006 

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untukmengetahui bagaimana kinerja kepala desa dalammelaksanakan tugasnya sebagai seorang kepala desa, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Bagaimana implementasi Undang-Undang Desa oleh Kepala Desa Semangat Dalam. 

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber dari penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil dari penelitian adalah kurangnya kinerjakepala desa dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Desa, khususnya dalam pembangunan desa dan penyelenggaraanmasyarakat desa, sehingga berdampak pada ketidaksejahteraan masyarakat desa. Kinerja kepala desa yang tidak sesuai dengan harapan, menumbuhkan rasa kecewa masyarakat. Kepala Desa Semangat Dalam juga dinilai tidak memahami keinginan masyarakat, hal ini membuat kepala desa gagal dalam memimpin masyarakat Desa Semangat Dalam. 

Berdasarkan hal tersebut maka disarankan agarkepala desa bisa meningkatkan kinerjanya, dengan carameningkatkan hubungan baik dengan masyarakat desa, dan juga melakukan inovasi yang membangun kesejahteraan masyarakat desa, sehingga tidak bergantung kepada pemerintah daerah ataupunpemerintah pusat. Kepala desa juga harus lebih menggali dan mengembangkan potensi desa, karena setiap desa pasti memiliki kelebihan yang dapat dikembangkan yang dapat menjadikan desa sejahtera.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Kinerja, Desa, dan Kepemimpinan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI