DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Wajib Pajak Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun 2015-2020
PENGARANG:MIFTAHUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


ABSTRAKSI

Miftahuddin (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Wajib Pajak Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun 2015-2020. Pembimbing : Ahmad Yunani.

            Dalam mengelola pemerintahan diperlukan penilaian untuk melihat pengelolaan keuangan pemerintah daerah salah satunya menggunakan rasio kemempuan keuangan daerah yang memberikan indikasi seberapa besar tingkat kemempuan daerah dalam membiayai sendiri pemerintahannya. Kinerja keuangan pemerintah daerah tentunya mempunyai faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) klasifikasi kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar tahun 2015-2020; (2) pengaruh pertumbuhan ekonomi dan jumlah wajib pajak terhadap kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar tahun 2015-2020; (3) upaya peningkatan kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar tahun 2015-2020.

            Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio kemampuan keuangan daerah untuk mengetahui klasifikasi kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar, serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pertumbuhan ekonomi dan jumlah wajib pajak terhadap kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar. Kemudian di lihat bagai mana upaya yang dapat dilakukan pemerintah Kabupaten Banjar agar mampu meningkatkan kinerja keuangan pemerintah.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar pada tahun 2015-2020 rata-rata berada dalam klasifikasi sedang. Temuan lain penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara pertumbuhan ekonomi dan jumlah wajib pajak terhadap kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Banjar. Dimana pemerintah Kabupaten Banjar dapat meningkatkan kinerja keuangan pemerintah dengan upaya dengan mengambil kebijakan agar pertumbuhan ekonomi meningkat melalui peningkatan potensi ekonomi yang menjadi unggulan, wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dikembangkan dengan melakukan klaster industri dan kawasan ekonomi khusus. Untuk meningkatkan jumlah wajib pajak pemerintah Kabupaten Banjar dapat mengambil kebijakan dengan mempermudah wajib pajak dalam melakukan kewajiban pajaknya dan melakukan pendataan bagi yang belum terdaftar sebagai wajib pajak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan sistem pembayaran pajak secara online dan mendaftarkan orang atau badan yang belum terdaftar sebagai wajib pajak. Dengan upaya-upaya tersebut pemerintah Kabupaten Banjar mampu meningkatkan Kinerja Keuangan Pemerintah.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan Pemerintah; Pertumbuhan Ekonomi; Jumlah Wajib Pajak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI