DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN BANGUNAN BAWAH JEMBATAN RELOKASI PIPITAK, RANTAU KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:M. IQBAL RIZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


PERENCANAAN BANGUNANBAWAH JEMBATAN RELOKASI

PIPITAK, RANTAU KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Oleh :

M. Iqbal Rizky

Dosen Pembimbing:

Ir. Markawie, M.T.

 

ABSTRAK

      Rantau Kabupaten Tapin merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Kalimantan Selatan yang saat ini sedang melakukan pengembangan daerah.Lokasi tersebut akan ada perancangan jembatan, dan jalan lama akan tenggelam, maka ada pembuatan jalan baru. Tinggi muka air elevasi dengan ketinggian 12 m, maka akan dibuat pilar setinggi 13 m dan 15 m.Dirancang jembatan diasumsikan akan dilalui oleh berbagai macam kendaraan yang mengangkut banyak barang seperti hasil pertanian, material dan lainnya, maka dirancang Jembatan dengan kelas B (0,50 - 6,00 – 0,50) m.Dalam penyelidikan tanah didapatkan lapisan tanah keras dengan klasifikasi lempung padat (Claystone) pada kedalaman 3,80–4,00 m.Manfaat yang diharapkan dari perancangan ini adalah memberikan alternatif perencanaan peningkatan overpass Pipitak bagi Pemerintah Daerah, sehingga overpass dapat dibangun dengan seoptimal mungkin, aman dan stabil untuk mampu menahan beban-beban yang bekerja di atasnya.

Metodelogi perencanaan ini menggunakan Standar pembebanan untuk jembatan (SNI 1725-2016), Perencanaan struktur baja untuk jembatan (RSNI T-03-2005), Perencanaan struktur beton untuk jembatan (RSNI T-12-2004)Spesifikasi pilar dan kepala jembatan beton sederhana bentang 5 m sampai dengan 25 m dengan fondasi borepile (SNI 2451:2008), Standar jembatan gelagar komposit: bentang jembatan 8 m – 20 m (MBI /A /B), Pedoman persyaratan umum perencanaan jembatan: Nomor. (07/SE/M/2015).Pedoman Pemilihan Alat Pemancang Tiang Fondasi Jembatan: Nomor. 31/SE/M/2015. Melakukan survey ke lapangan untuk melihat langsung kondisi pembangunan jembatan secara umum. Pengumpulan data terdiri dari hasil tes penyelidikan tanah dengan menggunakan sondir dan NSPT untuk mendapatkan kedalaman tanah keras, tahanan konus dan hambatan lekat tanah yang digunakan untuk menghitung daya dukung tanah ijin.

Hasil didapatkan berdasar perhitungan berupa penulangan untuk pilar dengan dimensi panjang = 9000 mm, tulangan utama = 2D25-120 mm, tulangan pembagi = D16-80 mm, dan untuk tulangan geser = 12-200 mm. Penulangan untuk abutment dengan dimensi tulangan utama = D25-150 mm, tulangan pembagi = D16-150 mm

 

 

Kata kunci :Pilar, Claystone, Abutment, penulangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI