DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS VIII DENGAN MULTIMEDIA DAN NON-MULTIMEDIA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RATU BUDI SETIAWATI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIKAKAN
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran Seni Budaya, Seni Tari, Multimedia dan
Non-Multimedia.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang
menggunakan multimedia dan non-multimedia di SMP Negeri 5 Banjarmasin.
Jenis penelitian ini adalah
descriptive kualitatif. Variabel bebas pada
penelitian ini adalah multimedia dan non-multimedia sedangkan variabel terikatnya
adalah hasil belajar. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di
SMP Negeri 5 Banjarmasin yang berjumlah 274 siswa. Sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada peneltian
ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis sebelum lapangan dan analisis dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Selama proses pembelajaran
menggunakan multimedia bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia
terhadap hasil belajar siswa, selama pengamatan dilakukan didapat hasil bahwa saat
menggunakan multimedia siswa sangat tanggap dan antusias untuk mengikuti
pembelajaran. Dalam pemahamannya pun sangat baik, dapat dilihat pada hasil tes
tertulis siswa dapat menjawab soal dengan baik. Dengan adanya multimedia dapat
memberikan motivasai belajar dan proses pembelajaran lebih interaktif serta
mengkonkritkan materi pembelajaran yang kurang jelas. Sedangkan hasil belajar
non-multimedia hanya menggunakan metode ceramah siswa masih kurang fokus
terhadap materi pembelajarn dan kurang antusias untuk mengikuti pembelajaran.
Dalam pemahamannya pun masih kurang, dapat dilihat pada hasil tes tertulis
terdapat siswa yang tidak dapat menjawab soal dengan baik. Berdasarkan
pelaksanaan penelitian yang non-multimedia memperoleh bahwa pengaruh metode
ceramah belum bisa memberikan motivasai belajar dan proses pembelajaran yang
interaktif serta tidak dapat mengkonkritkan materi pembelajaran dengan jelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI