DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MATERI TATA KELOLA PEMERINTAHAN KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:FADMA AGUSTINA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


Sejak adanya pandemi Covid-19 awal tahun 2020 proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun dalam pelaksanaannya, banyak permasalahan yang dihadapi guru, termasuk oleh guru PPKn, diantaranya adalah kurangnya semangat siswa selama mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menggunakan media quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media quizizz pada pembelajaran PPKn. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam ( terbuka dan tertutup) dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan menarik kesimpulan-kesimpulan tentang penelitian. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (sumber dan teknik).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media quizizz pada pembelajaran PPKn berjalan dengan baik dan siswa fokus selama pembelajaran berlangsung, karena mereka merasa senang serta lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran yang utuh karena penggunaan media quizizz pada kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru PPKn menggunakan media pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, dan salah satu diantaranya adalah media pembelajaran quizizz. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI