DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesesuaian Materi Pembelajaran IPS Kelas VII Semester I Tentang Perubahan Akibat Interaksi Antarruang
PENGARANG:MUHAMMAD ILHAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


Muhammad Ilham. 2021. Kesesuaian Materi Pembelajaran IPS Kelas VII Semester I Tentang Perubahan Akibat Interaksi Antarruang. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd

            Materi pembelajaran Perubahan Akibat Interaksi Antarruang termuat pada buku teks yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI kurikulum 2013 revisi 2017. Materi pembelajaran tidak hanya terpaku pada buku teks, namun perlu adanya pengembangan sehingga materi yang akan disampaikan beragam serta sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Buku teks idealnya disusun berdasarkan kesesuaian dengan kompetensi dasar. Aspek yang akan dicapai peserta didik melalui pembelajaran IPS tidak hanya meliputi aspek pengetahuan namun harus seimbang dengan aspek keterampilan. Pentingnya kesesuaian materi pembelajaran IPS dengan Kompetensi dasar agar materi yang akan diberikan tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memberikan penambahan terhadap materi pembelajaran yang dirasa kurang terpenuhi, serta  menganalisis kesesuaian materi dengan kompotensi dasar, sehingga diharapkan materi pembelajaran dapat disampaikan dengan terstruktur. Metode penelitian studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan penelitian. Penelitian studi literatur dilakukan dengan cara mereview beberapa penelitian untuk menginterpretasikan penelitian. Memanfaatkan berbagai sumber yang terdiri dari klasifikasi sumber, seperti Jurnal ilmiah, Buku/Ebook, serta Undang-Undang yang digunakan sebagai dasar pijakan/pondasi dalam landasan teori.

Hasil penelitian materi tentang perubahan akibat interaksi antarruang yang disajikan pada buku teks terbagi menjadi enam. Semua materi tersebut memerlukan penambahan dan pengembangan sebagai bahan ajar yang mampu merangsang daya pikir serta nalar peserta didik. Pengembangan materi pembelajaran dapat dilakukan guru dengan tambahan referensi lain yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Kompetensi dasar adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Keenam materi yang tersaji sudah sesuai dengan kompetensi dasar maka materi tersebut sudah layak untuk diajarkan kepada peserta didik. Simpulan materi perubahan akibat interaksi antarruang sudah sesuai dengan kompetensi dasar akan tetapi masih perlunya pengembangan materi seperti contoh gambar dan guru berperan penting dalam pengembangan materi dengan memberikan contoh-contoh kearifan lokal sehingga peserta didik lebih mengenal kebudayaan daerahnya.

 

Kata kunci: Kesesuaian Materi, Interaksi antarruang, Buku teks.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI