DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK MODA DARING DITINJAU DARI MEDIA APLIKASI YANG DIGUNAKAN, KENDALA, DAN FAKTOR PENDUKUNG, SERTA DAMPAK TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMPN SE-KECAMATAN BATULICIN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:M. RIDWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-19


ABSTRAK

 

MUHAMMAD RIDWAN, NIM 1610122210020, 2021, Analisis Efektivitas  Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatanmoda daring ditinjau dariAplikasi Media yang digunakan, Kendala, dan Faktor Pendukung, serta Dampak Terhadap Pembelajaran diSMP Negeri Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Syamsul Arifin  (II) Mashud.

Penelitian ini bertujuan untukMengetahui EfektivitasPembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Moda Daring ditinjau dari Aplikasi Media yang digunakan, Kendala, dan Faktor Pendukung, serta Dampak Terhadap Pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel atau subjek yang yang diteliti adalah guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, peserta didik, orang tua peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu yang berjumlah 4 sekolah. Pengumpulan data pada peneltitian ini berupa wawancara, dan dokumentasi saat guru melaksanakan kegiatan pembalajaran.Analisi data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah model Miles dan Humberman (1984).

Pada penelitian ini didapatkan data bahwa efektivitaspembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan moda daring itu dilihat dari seberapa berpengaruhnya aplikasi media whatsapp, google classroom, google form, dan youtube yang digunakan dengan minat belajar peserta didik dan juga suport dari orang tua yang ikut serta dalam pembelajaran moda daring. Dari  sekolah yang diteliti semuanya memiliki kendala pada jaringan dan smartphone yang terjadi pada saat pembelajaran dilaksanakan dengan moda daring. Faktor pendukung yang sekolah miliki ialah bantuan kuota dan juga bantuan berupa handphone dan penyediaan laboraturiom komputer yang diberikan oleh beberapa sekolah untuk peserta didiknya yang tidak mempunyai handphone. Sedangkan efektivitas pembelajarankurang efektif karena pembelajaran moda daring menjadi lebih sulit untuk guru dan juga peserta didik dalam memanfaatkan waktu dan memahami isi dari pembelajaran, pembelajaran moda daring cenderung lebih monoton dan membosankan bagi peserta didik sehingga dapat mengurangi minat peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kata Kunci : Analisis, Efektivitas PJOK, Aplikasi Media Daring.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI