DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN LEG PRESS TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN BULUTANGKIS PB TURRIMA BORNEO BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD JAMILUDIN
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Kata kunci: Pengaruh, Kekuatan, Latihan Leg Press.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar pengaruh latihan leg press terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai pada pemain PB Turrima Borneo Banjarbaru.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dengan rancangan penelitian menggunakan pre-eksprimen salah satunya yaitu Pretest dan Posttest dalam satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain PB Turrima Borneo Banjarbaru yang berjumlah 9 orang yang dijadikan sampel berjumlah 9 orang dengan teknik total sampling. Pada 9 pemain tersebut diberikan pengukuran kekuatan otot tungkai (leg dynamometer) yang memiliki hasil berupa score untuk digunakan sebagai data awal dalam penelitian. Kemudian dilakukan pelatihan leg press dan diukur kembali score tes kekuatan otot tungkai (leg dynamometer) yang diperoleh setelah dilakukan pelatihan leg press.
Hasil analisis penelitian Melalui uji Paired Samples T-Test, terbukti ada perbedaan yang signifikan dari kekuatan otot tungkai pada pemain PB Turrima Borneo Banjarbaru sebelum dan sesudah diberikan latihan leg press selama 6 minggu. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan Paired Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dengan signifikansi sebesar 0.001 < 0.05, berarti ada perbedaan yang signifikan pada pengukuran data pretest dan posttest. Data kekuatan otot tungkai akhir (Posttest) ( M = 89,78) memiliki rata-rata yang lebih besar dari hasil kekuatan otot tungkai akhir (pretest) ( M = 79,22), berarti hasil pengujian hipotesis latihan leg press terbukti memberikan peningkatan kekuatan otot tungkai terhadap pemain bulutangkis PB Turrima Borneo Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI