DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:KHAIRUNNISA MAHARANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-21


Kurikulum 2013 menghendaki proses pembelajaran yang memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas dan sikap ilmiah dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Namun, kreativitas dan sikap ilmiah tersebut belum dibiasakan dalam proses pembelajaran fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat CRBL yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kreativitas ilmiah dan sikap ilmiah peserta didik. Perangkat CRBL yang dikembangkan meliputi RPP, materi ajar, LKPD, LP kreativitas ilmiah, dan LP sikap ilmiah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test pada 22 peserta didik kelas X PMIA SMAN 3 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi perangkat CRBL, lembar pengamatan pembelajaran, tes kreativitas ilmiah, dan angket sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat CRBL termasuk valid karena komponen RPP, materi ajar, LKPD, LP kreativitas ilmiah dan LP sikap ilmiah dalam kategori valid; (2) Perangkat CRBL termasuk praktis, karena fase-fase CRBL dapat dilaksanakan dengan baik; dan (3) Perangkat CRBL termasuk efektif karena N-gain kreativitas ilmiah sebesar 0,34 dalam kriteria sedang dan sikap ilmiah peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Dengan demikian, perangkat CRBL yang dikembangkan adalah layak untuk melatihkan kreativitas ilmiah dan sikap ilmiah peserta didik.

 

Kata kunci: CRBL, kreativitas ilmiah, sikap ilmiah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI