DIGITAL LIBRARY



JUDUL:WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM NOVEL "WANDEUK" KARYA KIM RYEO RYEONG
PENGARANG:MARIYANA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-21


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pandangan dunia pengarang mengenai watak dan perilaku tokoh utama bernama Do Wandeuk dalam novel Wandeuk karya Kim Ryeo Ryeong. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap watak dan perilaku tokoh utama novel Wandeuk yang sangat menarik.

Metode yang digunakan ialah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data penelitian ini ialah novel Wandeuk karya Kim Ryeo Ryeong. Data penelitian ialah berupa teks cerita yang berhubungan dengan watak dan perilaku dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data, yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa watak Wandeuk ialah mudah tersinggung, mudah marah, keras kepala, jujur, apa adanya, kurang sopan santun, dan mudah cemas. Perilaku Wandeuk ialah pasrah, bersikap serius dalam menghadapi masalah, santai namun waspada, suka menyindir, dan aktif dalam kegiatan. Watak dan perilaku Wandeuk termasuk dalam tipe Korelis, yaitu bersifat keras dan selalu ingin tampil ke depan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI