DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM RANGKA MENDUKUNG KETEPATAN PENGHITUNGAN GAJI DAN UPAH PENYIAR RADIO DBS FM BANJARMASIN
PENGARANG:AYU ERINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


 

Ayu Erina (2020). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Rangka Mendukung Ketepatan Penghitungan Gaji dan Upah Penyiar Radio dBs FM Banjarmasin. Pembimbing: H. Rano Wijaya, SE, M.Si, M.Fin, CMA (Aus), CBV, CIBA.

 

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui analisis sistem informasi akuntansi atas sistem sistem penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada Radio dBs FM Banjarmasin. Mulai dari jaringan prosedur sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan sampai bagan alir (flowchart) yang digunakan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah Radio dBs FM Banjarmasin.

 

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang berasal dari sumber-sumber tidak tertulis maupun tertulis. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan sistem informasi akuntansi penggajian yang ada pada Radio dBs FM Banjarmasin yang melipti jaringan prosedur akuntansi penggajian dan pengupahan, dokumen-dokumen yang digunakan, catatan akuntansi, fungsi yang terkait dalam penggajian, dan bagan alir (flowchart) penggajian. Setelah itu dilakukan analisis dan dibandingkan dengan teori untuk mengetahui apakah penerapan sistem penggajian pada Radio dBs FM Banjarmasin sudah cukup baik hingga dapat mendukung ketepatan penghitungan gaji penyiar.

 

     Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan sistem informasi akuntansi penggajian Radio dBs FM Banjarmasin belum sepenuhnya baik, karena masih terdapat kesalahan penggajian. Jaringan prosedur sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan masih terdapat ketidaksesuaian antara teori dan praktik, dokumen-dokumen yang digunakan masih belum lengkap, catatan akuntansi yang digunakan masih belum sesuai dengan teori, fungsi terkait sistem penggajian sudah cukup memadai, dan bagan alir (flowchart)  sudah sesuai dengan yang semestinya.

 

Kata Kunci:Sistem informasi akuntansi, penggajian, jaringan, prosedur,

 

bagan alir

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI