DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Media Sosial Instagram sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Banjarmasin (Studi pada Pemanfaatan Akun Instagram Komunitas Pergerakan Feminisme @narasi_perempuan)
PENGARANG:LORIE PARAS AYUNING
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


Lorie Paras Ayuning. 1710414120015. 2021. Media Sosial Instagram sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Banjarmasin (Studi pada Pemanfaatan Akun Instagram Komunitas Pergerakan Feminisme @narasi_perempuan). Dibawah bimbingan Yuanita Setyastuti dan Astinana Yuliarti.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram komunitas pergerakan feminisme @narasi_perempuan sebagai upaya pemberdayaan perempuan Banjarmasin. Menggunakan teori Difusi Inovasi dan Feminisme Liberal, penelitian ini membahas secara mendalam mengenai Instagram beserta fitur-fiturnya sebagai media untuk mengupayakan pemberdayaan perempuan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Narasi Perempuan mampu mengupayakan pemberdayaan perempuan di Kota Banjarmasin dengan menerapkan tahap-tahap pemberdayaan melalui media sosial Instagram. Tahap penyadaran dan pembentukan perilaku dilaksanakan dengan pemanfaatan media sosial Instagram untuk sosialisasi melalui pesan persuasif, pemberitaan isu-isu perempuan lingkup lokal serta nasional, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan dilaksanakan dengan pemanfaatan fitur posting di Instagram Feeds dan Instagram Story serta Instagram Highlight, kemudian tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan menuju kemandirian yang dilaksanakan dengan pemanfaatan fitur Instagram Live serta Instagram TV, dan kolaborasi dengan komunitas lain dan masyarakat dengan konten utama yaitu “Bakisahan” serta kegiatan reposting.

 

Kata kunci:         Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, Pemberdayaan Perempuan, Difusi  Inovasi, Feminisme Liberal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI