DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND LKPD PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:JULITA HOTMAIDA BR SOLIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


Culture Literacy Digital Wetlandmerupakan salah satu perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, serta mengatur penyampian isi konten pembelajaran yang sama halnya dengan Learning Management System. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan generik sains dan hasil belajar siswa dengan penggunaan CLDW LKPD pada konsep perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Exsperimen (eksperimen semu).  Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin yang dibagi menjadi satu kelas perlakuan dan satu kelas kontrol. Hasil data keterampilan generik sains menggunakan uji Mann-Whitney  dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T–test dengan menggunakan program SPSS 25. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterampilan generik sains peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan CLDW LKPD berpengaruh signifikan terhadap keterampilan generik sains dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 dan nilai Z hitung 3.038 > Z tabel 1.96 . Data hasil belajar penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CLDW LKPD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai dari taraf Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4.150 > t tabel 1,99444. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan inovasi terhadap guru dalam penggunaan media pembelajaran berupa CLDW LKPD terutama dalam pembelajaran daring sehingga dapat memotivasi peserta didik dan untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Perubahan Lingkungan, CLDW, LKPD, keterampilan generik sains, hasil belajar.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI