DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CYBERFEMINISME TERHADAP TINGKAT KESADARAN ANTI KEKERASAN SEKSUAL DI MASYARAKAT (STUDI PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @_PEREMPUAN_)
PENGARANG:AFIFAH LIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


ABSTRAK

 

Afifah Liana, 1710414120001, 2021, Pengrauh Gerakan Cyberfeminisme Terhadap Tingkat Kesadaran Anti Kekerasan Seksual  Di Masyarakat (Studi Pada Akun Instagram @_perempuan_). Dibawah bimbingan Yuanita Setyastuti dan Astinana Yuliarti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan cyberfeminisme oleh akun instagram @_perempuan_ terhadap tingkat kesadaran anti kekerasan seksual pada pengikut instagram @_perempuan_.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 342 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode  Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis dara menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan derajat kesalahan 5%.

Hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai p = 0,000 < 0,05, nilai regresi Y =  13,994 + 0,903 X,  dan nilai R2  = 0,503, sehingga hipotesis dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan cyberfeminisme pada instagram @_perempuan_ terhadap kesadaran anti kekerasan seksual dapat diterima. Gerakan cyberfeminisme pada instagram @_perempuan_ secara langsung memberikan kontribusi terhadap kesadaran anti kekerasan seksual sebesar 50,3%. Hasil pengujian dengan nilai (Sig.) 0,000 < nilai probabilitas 0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel dengan variabel lainnya dalam penelitian ini.

 

Kata kunci:      Cyberfeminisme, Media Sosial, Kekerasan Seksual, Teori Ekologi Media

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI