DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN DARING MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:LINISARMAL IRGOSTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


ABSTRAK

Irgosti, Linisarmal. 2021. Pembelajaran Daring Menulis Puisi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin. Skripsi,  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd., (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran daring, menulis, puisi

 

            Pembelajaran saat ini berbeda dengan pembelajaran sebelumnya karena  penyebaran Covid-19. Pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran secara tatap muka menjadi terhambat. Hal ini mengakibatkan pemerintah mengambil langkah atas proses pembelajaran secara tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran daring.

            Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring menulis puisi; (2) mendeskripsikan proses pembelajaran daring menulis puisi; dan (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran daring menulis puisi.

            Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif yang menggunakan tulisan atau lisan dari yang diteliti. Sumber data  penelitian ini ialah pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik Kelas VIII-E SMPN 9 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran daring menulis puisi yang dibuat oleh pendidik sesuai dengan RPP; (2) proses pembelajaran daring dilakukan selama 30 menit. Proses pembelajaran daring menulis puisi dilakukan melalui tatap muka secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Terdapat beberapa hambatan seperti beberapa kegiatan pembelajaran yang tidak terlaksana, tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai, peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran, dan peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran; (3) penilaian diperoleh dari tugas peserta didik menulis puisi. Penilaian menulis puisi dari 36 peserta didik hanya 12 peserta didik yang menyelesaikan tugas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI