DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesesuaian Kompetensi Dasar Pada Materi Pembelajaran Ips Smp Kelas Ix Tentang Perubahan Sosial Dan Budaya
PENGARANG:RINDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-22


ABSTRAK

 

Rindawati. 2021. Telaah pustaka Pada Studi Literatur Kesesuaian  Kompetensi Dasar pada Materi Pembelajaran IPS SMP Kelas IX Tentang Perubahan Sosial dan Budaya, Skripsi di program studi pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Drs. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd

 

Buku teks IPS melakukan pengembangan materi pelajaran khususnya pada buku teks IX SMP/MTS yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kurikulum 2013 revisi 2018 pada tema perubahan sosial budaya, sehingga materi ajar yang diberikan dapat berguna bagi peserta didik. Materi pada buku teks disesuaikan dengan kompetensi dasar guna mencapai tujuan pendidikan. Namun, buku teks kelas IX kurangnya muatan lokal sebagai bahan ajar.

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Pengembangan materi pembelajaran yang kurang dan menganalisis terhadap kesesuaian materi dengan kompetensi dasar. 2) Penambahan terhadap materi ajar mempermudah guru dan siswa dalam belajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yaitu mengumpulkan buku, jurnal dan pustaka lainnya yang relevan. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan mesin pencarian seperti google scholar dan ebook. Penggunaan kata kunci berupa Bahan ajar, Kompetensi dasar, perubahan sosial budaya.

Hasil penelitian: 1) Bahan ajar yang dirancang dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip instruksional yang baik akan dapat membantu peserta didik dalam proses belajar. 2) Penjabaran terperinci dari kurikulum pendidikan merupakan isi dari bahan ajar, Perubahan Sosial Budaya" adalah KD 3.4 Menganalisis perubahan kehidupan sosial Materi tersebut secara lengkap memuat materi yang mendukung tercapainya minimum KD. Kedalaman materi merupakan uraian pendukung mencapai minimum KD dan sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik.

Simpulan dari penelitian ini sebagai berikut: kesesuaian materi dengan KI, dan KD berdasarkan analisis materi tersebut sudah sesuai dengan keterpaduan di dalam pembelajaran IPS hanya saja di dalam pembagian materi terlalu sedikit yang menjadikan pada saat pembelajaran di kelas kekurangan bahan materi, dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa IPS kelas 9 bab 2 tema “Perubahan sosial dan budaya”, sudah bagus dan layak materinya diberikan kepada peserta didik namun masih memerlukan sedikit perbaikan di beberapa bagian.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Kompetensi Dasar, Perubahan Sosial Budaya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI