DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD CINTA TANAH AIR DI SMPN 1 ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SUSILOWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


 

Susilowati, 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa Terhadap Lingkungan sebagai Wujud Cinta Tanah Air di SMPN 1 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah, (II) Dian Agus Ruchliyadi.

 

 

 

Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Sikap Peduli Terhadap Lingkungan, Cinta Tanah Air

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian sikap peduli siswa terhadap lingkungan (2) mengetahui validitas, reliabilitas dan kelayakan instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan sebagai wujud cinta tanah air di SMPN 1 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang terdiri dari 7 tahap, a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi produk, e) uji coba produk, f) revisi produk, dan g) produksi hasil. Uji coba produk dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji coba terbatas dan uji coba secara luas. Data diperoleh dengan teknik wawancara dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen.

 

Hasil penelitian: (1) Hasil uji validitas instrumen menggunakan bantuan program SPSS versi 25 pada uji coba terbatas dari 40 item instrumen, menghasilkan 24 item instrumen valid dan 16 item instrumen tidak valid. Instrumen dikatakan valid apabila hasil nilai rhitung > rtabel, dengan jumlah responden (N) sebanyak 38 maka nilai rtabel = 0,320. (2) Hasil uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25 terhadap 24 item instrumen yang valid menghasilkan nilai r hitung > koefisien α (0,6), yaitu r = 0,869. (3) Hasil uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa instrumen layak untuk digunakan. (4) Hasil analisis deskriptif nilai persentase peserta didik SMPN 1 Anjir Muara terkait sikap peduli terhadap lingkungan yaitu 83,8% dengan ketegori Sangat Tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik SMPN 1 Anjir Muara mempunyai sikap sangat peduli terhadap lingkungan dan rasa cinta tanah air yang tinggi dengan perwujudannya melalui kepedulian terhadap lingkungan.

 

Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru khususnya panitia program sekolah adiwiyata dalam melakukan penilaian sikap peduli lingkungan siswa dapat menggunakan alat atau pedoman penilaian yang sudah teruji kelayakannya.  

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI