DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 GURU PJOK SEKOLAH DASAR DIKECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:AZIZA RIZKY AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


 

 

ABSTRAK

 

AZIZA RIZKY AMELIA, NIM. 1710122220008, Implementasi Kurikulum 2013 Guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Perdinanto, M. Pd. (II) Dr. Herita Warni, M. Pd.

 

Salah satu yang menjadi faktor dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pedoman yaitu kurikulum. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian kurikulum  2013 guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. 

 

Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan angket. Metode memilih sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode purposive sampling.  Sampel pada penelitian ini yaitu 12 dari 28 Sekolah Dasar di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong dengan objek penelitian implementasi kurikulum 2013 guru PJOK. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. 

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian kurikulum 2013 guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong berdasarkan kompetensi guru sudah tinggi tetapi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran masih rendah. Berdasarkan data dari 12 guru PJOK maka didapat hasil bahwa implementasi kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran 22,17, guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Murung Pudak 100% melaksanakan kurikulum 2013, 92% guru PJOK mengikuti sosialisasi kurikulum 2013, Narasumber sosialisasi kurikulum 2013 91% berasal dari bidang yang sama yaitu PJOK .

 

Kata Kunci : Implementasi, Guru PJOK, Kurikulum 2013

 

ABSTRACT

 

AZIZA RIZKY AMELIA, NIM. 1710122220008, Implementation of 2013 Curriculum for Elementary School PJOK Teachers in Murung Pudak District, Tabalong Regency. Thesis, Department of Sports and Health Education, physical education study program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University. Advisor (I) Drs. Perdinanto, M. Pd. (II) Dr. Herita Warni, M. Pd

 

 

One of the factors in achieving learning objectives is the implementation of learning in accordance with the guidelines, namely the curriculum. This study aims to determine how the implementation of the 2013 curriculum for primary school PJOK teachers in Murung Pudak District, Tabalong Regency. 

 

The research method in this research is descriptive research method. Using data collection techniques documentation and questionnaires. The sample selection method used in this study is the purposive sampling method. The samples in this study were 12 of 28 elementary schools in Murung Pudak District, Tabalong Regency with the object of research being the implementation of the 2013 curriculum by PJOK teachers. The data analysis used in this research is descriptive statistical analysis. 

 

The results showed that the implementation of the 2013 curriculum for Elementary School PJOK teachers in Murung Pudak District, Tabalong Regency based on teacher competence was high but in implementing the 2013 curriculum on learning devices it was still low. Based on data from 12 PJOK teachers, it was found that the implementation of the 2013 curriculum on learning devices 22.17, Elementary School PJOK teachers in Murung Pudak District 100% implemented the 2013 curriculum, 92% of PJOK teachers participated in the 2013 curriculum socialization, 91% of the 2013 curriculum socialization resource persons came from from the same field, namely PJOK.

 

Keywords: Implementation, PJOK Teachers, Curriculum 2013

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI