DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HASRAT DAN RASIONALITAS TOKOH UTAMA PADA KUMPULAN CERPEN ATRAKSI LUMBA-LUMBA KARYA PRATIWI JULIANI
PENGARANG:MUHAMMAD ZAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasrat dan rasionalitas tokoh utama dalam buku kumpulan cerpen Atraksi Lumba-Lumba karya Pratiwi Juliani.  Pentingnya penelitian ini agar peserta didik dapat memahami unsur-unsur yang membangun cerita pendek, terutama penokohan. Sesuai dengan materi pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek dalam Kurikulum Darurat mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA sebagaimana yang tertuang pada KD 3.4 berikut: menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek.

Penelitian ini menggunakan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud yang berfokus pada tokoh utama dalam kumpulan cerpen, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah kumpulan cerpen Atraksi Lumba-Lumba karya Pratiwi Juliani yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh PT Gramedia.

Hasil dari penelitian ini, yaitu hasrat yang muncul pada tiga belas tokoh utama dalam buku kumpulan cerpen Atraksi Lumba-Lumba karya Pratiwi Juliani meliputi perasaan rindu, keinginan terhadap sesuatu, keinginan menjaga perasaan, perasaan curiga, perasaan cemas, dan perasaan menyesal. Sementara itu, rasionalitas yang paling sering muncul dalam buku kumpulan cerpen Atraksi Lumba-Lumba karya Pratiwi Juliani yaitu rasionalitas instumental. Selain itu, pesan kebaikan akan muncul jika meninjau dari segi hasrat dan rasionalitas ini. Pesan kebaikan itu antara lain manusia perlu berusaha untuk menemukan sesuatu yang baik untuknya, apabila ia telah berusaha namun gagal maka hal yang seharusnya ia lakukan yakni berdoa kepada Tuhan agar diberikan jalan keluar, bersabar, dan  mematuhi saran dari orang di sekitar. Manusia sebagai makhluk sosial juga perlu untuk saling memahami dan menjaga perasaan satu sama lain maka sudah seharusnya manusia menanamkan sifat saling memaafkan, menyadari kekurangan diri, menghargai nasihat orang lain, dan saling menjaga serta memberikan yang terbaik pada orang lain.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI